Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Sabtu, 04 Juli 2009

Heavy Metal

Sejarah

Steppenwolf

Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60'an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua, "dasar maniak barang remeh-remeh!").

"I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ' Paranoid'. Cukup banyak band Heavy metal.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.

Evolusi musik

Berikut beberapa jenis metal lagi:

70'an

Ditahun 1968, sound yang akan menjadi terkenal dengan sebutan heavy metal telah bersatu. Di Januari, band dari Francisco Blue Cheer mengeluarkan cover song dari lagunya Eddie Cochran's "Summertime Blues", di album debut mereka Vincebus Eruptum dan banyak yang beranggapan bahwa rekaman pertama orisinil heavy metal adalah dari album tersebut.

Progressive rock

Genre ini memang cenderung ke Rock tapi tetap aja ada unsur metalnya, yaitu, lagu panjang, lirik berkata ke roh dan setan-setan dan melodi gitar yang panjang. beberapa band Progressive rock ini seperti Genesis, Marillion, Rush, Queen, Jethro Tull. Belakangan sekitar Akhir 80'an barulah muncul genre yang lebih tepat disebut Progressive metal seperti Dream Theater, Queensrÿche, Fates Warning, yang lebih cenderung ke visualisasi.

Punk

Punk juga merupakan genre yang tidak terlalu Metal awalnya. hingga pada akhir 60'an muncul Bapak punk Iggy Pop & The Stooges, New York Dolls dan memasuki pertengahan dan akhir 70'an baru munculah Sex Pistols, The Clash, The Damned, The Ramones yang sangat kental logat Inggris-nya. Tapi punk nyaris runtuh ketika bertabrakan dengan Pop ditahun 80'an dan berubah menjadi New Wave.

Awal 80'an

Genre ini muncul di 70'an dan masih berupa musik Punk rock tapi lebih dikenal di awal 80'an. Di gawangi oleh band-band seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head, .

NWOBHM muncul di Britania raya

Awal 80'an ketika Heavy Metal bertabrakan dengan Blues di Britania Raya. Muncul Genre yang disebut New Wave of British Heavy Metal (NWOBHM) dengan riff nge blues dan vokal yang melengking. Muncullah band-band seperti Iron Maiden, Motörhead, Saxon, Judas Priest, Def Leppard dan Samson.

Big Girls' Blouse Metal atau Soft Rock, 'AOR', Pop-rock

Pertengahan 80'an giliran NWOBHM dan American Metal yang bertabrakan dengan Pop hingga menjadi Big Girls' Blouse Metal dengan kibasan rambut sang penyanyi cenderung slow dan lirik asmara. Band dari genre ini juga adalah "bekas" dari band yang bertabrakan itu seperti Reo Speedwagon, Foreigner.

Extreme Metal (Underground)

Metallica band Thrash metal

[sunting] Thrash metal, Power metal, Speed metal, Black metal, Death metal, Grindcore

Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil, lalu pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Carcass, Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate, berkembang pada 1991 menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak menggunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.

Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

90'an

Ketika para orang sudah kehabisan nama untuk mencari genre dan ketika punk yg jarang di era 80'an. tahun 90'an menjadi solusi ketika muncul genre yang disebut Grunge dan Alternative metal.

Alternative metal

Primus, band pengungsung Alternative metal

Alternative metal adalah salah satu jenis metal yang paling populer di awal 90'an. Tapi ketika awal 80an orang sudah mengenal bagianya, Funk metal yang dipelopori oleh Faith No More, Red Hot Chilli Papers, Extreme, Primus, lalu hingga pada tahun 90'an munculah Rage Against The Machine.

Selain itu ada Industrial metal band seperti Fear Factory lalu Ministry lah pentolanya. Industrial metal juga banyak di pelopori oleh band dari Jerman seperti Rammstein ,Oomph!, Megaherz.

Lalu ada Punk Metal atau Crossover Thrash punk dengan lebih banyak gitar. Band-band genre ini seperti Suicidal Tendecies, Stromtroopers of Death. Dan lama-lama genre ini bermatamorfosis menjadi Hardcore Punk.

Nu Metal, Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari Korn, Slipknot, Limp Bizkit, Linkin Park hingga Disturbed. lalu banyak bagian genre ini dari Rap core, Rap metal, Hip metal.

Grunge (90'an)

Kurt Cobain

Tahun 1990-an ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah Punk dan bermunculan di Seattle dan dikembangkan oleh Kurt Cobain walaupun sedikit cenderung ke Alternative rock. Band Grunge dari Seattle, seperti Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, dan Alice in Chains sebelum band itu ada sebenarnya grunge sudah ada oleh band-band seperti Malfunkshun dan Green River setelah itu ada Temple of the Dog Mad Season, Mudhoney sampai Melvins. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti Skin Yard dan PJ Harvey. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi Post-Grunge seperti L7, Stone Temple Pilots, Paw, Hole (Yang sang vokalis Courtney Love adalah istri dari Kurt Cobain hingga menjadi Grunge).

Perkembangan terkini

Metal di era 2000'an (sekarang) memiliki perbedaan yang cukup besar, dalam artian bahwa metal bisa berfusi dengan berbagai macam aliran. Sebagaimana diketahui para pelopor musik metal, penikmat musik metal disuguhi berbagai macam jenis metal dengan tempo yang harmonis dan dinamis. Beberapa aliran itu adalah Nu Metal, Screamo (meskipun akhirnya disebut cabang emo), Deathcore, Metalcore, dan sebagainya.

Alternative Pregystrian Metal

Sering juga disebut Egyptian Metal, dengan artian bahwa nada-nada yang dibunyikan adalah nada-nada nuansa Timur Tengah. Cabang ini jarang sekali disebut sebagai cabang metal, maksudnya aliran ini tidak bisa disebut aliran, lebih tepatnya progressive.

Dalam hal ini, System Of A Down turut andil dalam pembaharuan progressive dengan alunan pregystrian. Namun begitu, band-band cabang lain seperti Death Metal juga bisa disebut Pregystrian asalkan bernuansa Timur Tengah, seperti Lamb Of God

Screamo

Berawal dari aliran emo (emotive hardcore) yang muncul era 90'an. Emo sendiri suka diplesetkan menjadi "emotional" karena karakteristik vokal yang sangat emosional. Pada mulanya dipelopori oleh My Chemical Romance dan The Used, dengan ketukan mirip punk namun lebih mengutamakan keselarasan oktaf gitar dan vokal yang berteriak.

Seiring berjalannya waktu, tepat di awal tahun 2000, muncul aliran turunan dari emo yang disebut screamo. Screamo sendiri dipelopori oleh Alesana dan sejenisnya. Diikuti oleh band-band lain seperti The Red Jumpsuit Aparatus, Chiodos, Secondhand Serenade, Bless The Fall, dan lain sebagainya.

Ciri khas screamo adalah stem gitar drop D dengan distorsi halus (biasanya dicampur flanger dan delay), dengan sentuhan sedikit suara clean dan vokal scream datar. Biasanya lagu-lagu screamo bertemakan cinta dan persahabatan.

Belakangan ini, screamo dianggap cabang dari metal padahal sebenarnya turunan dari emo. Oleh beberapa komunitas anak metal sendiri suka mengecap sebelah mata dengan permainan screamo yang acap kali dianggap "tanggung".

Death Metal (era 2000'an)

Death Metal sendiri berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Sebut saja band-band seperti Lamb Of God, The Black Dahlia Murder, Caliban, In Flames, Converge, As I Lay Dying (yang kemudian berpindah haluan menjadi metalcore), dan sebagainya.

Kemudian muncul band-band Death Metal yang semakin banyak seperti Underneath The Gun, The Eyes Of A Traitor, Darkest Hour, Abigail Williams, As Blood Runs Black, dan lain-lain. Dari Death Metal inilah muncul Deathcore.

Deathcore

Deathcore berkembang sebagai turunan dari Death Metal dengan ciri khas lirik yang persis Death Metal, yaitu tentang kematian, neraka, setan, dan nuansa-nuansa mistik. Kebanyakan dari Death Metal adalah orang-orang atheis, sedangkan Deathcore kebanyakan adalah orang-orang agnostik.

Pada mulanya dipelopori oleh band-band seperti Dying Fetus (pertengahan 90'an), The Black Dahlia Murder, Caliban, Bring Me The Horizon dan sebagainya. Pada akhirnya semakin banyak Job For A Cowboy, As Blood Runs Black, Screwtape Letters, Drop Dead Gorgeous, Cradle Of Filth dan lain-lain.

Deathcore sendiri cenderung bertempo cepat, hampir mirip aliran metal old school yang bersifat hancur-hancuran namun masih ada grip-grip yang melodian.

Metalcore

Metalcore adalah gabungan dari aliran Death Metal dengan Metal Hardcore. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90'an yang dipelopori oleh Trivium.

Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit. Namun nada-nada metalcore tidak seperti death metal yang bernuansa seram, setan, neraka, dan sebagainya.

Band-band metalcore di dunia antara lain Avenged Sevenfold, Killswitch Engage, All That Remains, Darkest Hour, The Eyes Of A Traitor, Arch Enemy, I Killed The Prom Queen, Haste The Day, Walls Of Jericho, The Devil Wears Prada,bullet For My Valetine dan,sebagainya

Namun, Avenged Sevenfold sekarang ini berpindah haluan dengan ciri khas hardrock (bukan metal), meskipun di drop D, jika dibandingkan lagu-lagu mereka yang dahulu yang jelas sekali nuansa metalcore, sekarang lebih mengalun ke rock. Semua diakibatkan dari suara vokalisnya, Matt Shadow, yang harus mengalami kerusakan pita suara dan menjalani operasi sehingga tidak bisa growl seperti dulu. Meskipun begitu, Avenged Sevenfold berhasil memikat para penikmat musik dari berbagai genre dengan tajuk "Bat Country" dan "Almost Easy" sebagai andalan mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :