Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Rabu, 27 Januari 2010

Mengenal pick up gitar




 Adalah transducer, yang menangkap getaran dawai untuk dikonversikan menjadi arus listrik. Kita mengenal tipe pick up humbucker dan single coil.

Single coil hanya memiliki satu kumparan magnet saja, sedangkan humbucker memiliki dua kumparan magnet. Keduanya tentu saja memiliki karakter suara yang jauh berbeda. Sebagai akibat dari dipakainya dua kumparan, suara humbucker lebih tebal, lebih keras volumenya, dan yang paling penting menghilangkan noise 60cycle.
Gampangnya pick up harus minimal memiliki 2 kabel, untuk masing-masing memiliki kutub positif dan negatif dari kumparan tersebut. Walau banyak juga pick up ternama seperti DiMarzio, SeymourDuncan, yang memakai 4 kabel konduktor dan 1 ground (total 5 kabel), ini hanya sebatas variasi dari penggunaan pick up itu saja, bukan berarti semakin banyak kabel semakin bagus.


Single Coil
Hanya memiliki 2 konduktor kabel saja., karena hanya menggunakan 1 kumparan. Selanjutnya salah satu kabel akan dijadikan kutub positif dan satunya lagi kutub negatif. Terserah anda mau yang mana jadi apa, tetapi perlu ditekankan keduanya menghasilkan suara yang berbeda. Dan pihak pabrik biasanya menyerahkan rekomendasi kabel mana yang sebaiknya positif dan negatif untuk menghasilkan sound yang maksimal.


Humbucker
Memiliki 2 kumparan dengan tujuan menghilangkan noise 60cycle. Ada humbucker yang memiliki 2 kabel, 3 kabel, 4 kabel, dan 5 kabel. Bervariasi tergantung dari pabriknya. Kita akan bahas humbucker dengan 4 konduktor dan 1 bare (5 kabel), karena ini yang umum dan banyak digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :