Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Minggu, 31 Januari 2010

SETUP FLOYD ROSE

Berikut ini adalah beberapa sentuhan singkat dan sederhana untuk men'setup bridge tremolo gitar anda, atau biasa kita sebut dengan nama salah satu brand'nya adalah floyd rose. agar lebih optimal untuk dimainkan, dan menghasilkan tone yang maksimal pula.


Sekilas Tentang Floyd Rose
Floyd Rose sebenarnya bukan nama dari tipe bridge ini, floyd rose hanyalah salah satu merek dari model tremolo bridge yang populer ini. Tapi banyak orang kerap menggunakannya karena brand inilah yang paling populer dan banyak dijumpai. Seperti apakah bentuk bridge ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ini berikut dengan keterangannya. Perhatikan istilah istilah pada gambar di kiri, karena akan digunakan pada artikel ini.



Mengganti Senar Pada Floyd Rose
Bagi anda anda yang mempunyai gitar dengan tremolo bridge seperti ini, dan anda tidak tahu bagaimana cara mengganti senarnya...berbahagialah! karena pasti artikel ini bisa membantu masalah anda!
Ada beberapa metode yang banyak beredar di kalangan gitaris mengenai bagaimana cara mengganti senar yang baik, yang efisien, tapi sekarang akan kita bahas 2 cara saja.

Cara Pertama adalah mengganti senarnya sekaligus. maksudnya adalah melepas semua senarnya terlebih dahulu, lalu baru mengganti'nya dengan senar yang baru. Cara ini cenderung lebih menyulitkan anda pada saat nanti akan men'setem senar baru anda, karena tahu sendiri, floyd rose bandel kalau mau di'setem. Tapi kalau anda mau membersihkan fretboard, atau mengganti pickup, harus melepas semua senar bukan?



Pertama tama, yang harus anda lakukan adalah menyangga floyd rose (lihat gambar A). pada gambar digunakan batere kotak 9v untuk menyangga, anda bisa menggunakan apa saja, pokoknya tujuan tercapai.

Setelah Bridge tersangga sampai menungging seperti itu, senar otomatis akan menjadi sangat kendur. sekarang lepaskan senar tersebut dari bridge dengan membuka "Saddle block clamp screw" menggunakan kunci L (lihat gambar B). setelah senar bisa ditarik lepas, "saddle block" yang kendur itu akan bisa terlepas dan jatuh lalu hilang, karena kecil dan sulit dicari. harap diperhatikan baik baik block kecil hitam ini.

Jangan lupa membuka locking nut (Gambar C) agar senar tidak terkunci lagi. Lalu lepaskan lilitan senar dari tuning machine di headstock. Sekarang senar lama pastinya sudah terlepas semua. Sanggahan bridge jangan dilepas dahulu, biarkan menungging seperti itu.

Sekarang Senar sudah terlepas semua dari neck, anda bisa membersihkan fretboard ataupun fretwire. Bisa dilihat pada Gambar D adalah sederetan besi fret yang sudah bersih mengkilap, tetapi ada satu yang masih kotor. (nggak ada hubungannya sama topik floyd rose nih..hehehe..)

Lalu cara memasang senar yang baru, caranya tidak sama seperti memasang senar pada bridge umumnya. Ball End pada senar (tambatan seperti bola) tidak akan dipakai, jadi dipotong dan dibuang saja.
Catatan tambahan: Floyd Rose Ibanez yang model terbaru tidak perlu memotong ball end ini, lebih canggih!

Senar yang baru ditambatkan dan dijepit pada "saddle block" terlebih dahulu, baru dililitkan pada tuning machine pada headstock. Tidak perlu banyak banyak lilitan, 2-3 lilit cukup.
Dengan posisi bridge yang masih tersanggah menungging, ambil tuner anda, lalu mulai menyetem senar yang baru. Hanya saja, kali ini anda tidak menyetem ke nada standar (E B G D A e), tapi sekitar 2 nada lebih rendah (C G D# A# F c) atau 2,5 nada lebih rendah (B F# D A E b), tergantung feeling anda. Semakin tinggi floyd rose anda menungging, semakin rendahkan seteman anda. (pada gambar A, floyd rose menungging tinggi sekali, apabila anda ingin menggunakan sanggahan yang lebih kecil, sangat diperbolehkan).
Tujuan dari metode ini, agar nanti pada saat sanggahan floyd rose dilepaskan, floyd rose akan turun dan menarik semua senar secara bersamaan menjadi lebih tegang, dan diharapkan mendekati E B G D A e.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :