Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Jumat, 17 Juli 2009

Belajar Bass

Mekanisme Slap

Dalam permainan slap kita tidak boleh sembarang untuk memainkannya. Tidak sembarang pukul dan sembarang tarik, melainkan ada yang harus diperhatikan diantaranya, mekanisme dan scale dalam permainan slap itu sendiri. Beriku saya ingin berbagi tentang mekanisme dan scale itu sendiri.

Mekanisme Slap:

1. Menggunakan kekuatan pergelangan tangan

biasanya mekanisme ini digunakan untuk slap2 yang butuh kecepatan tinggi ataupun teknik yang sulit seperti down up pluck,double pluck,dll sehingga tidak perlu menggunakan motion dan power tangan yang berlebih

2. Menggunakan kekuatan lengan tangan

kalo mekanisme ini untuk slap yang cenderung lebih perkusif seperti slap2 marcus miller ( pattern2 drum) sehingga mempunyai hentakan yang lebih terasa dan lebih bertenaga. Kalau Flea gabungan keduanya, kalau dia butuh slap bertenaga dia pake tenaga dari lengan, kalau mau yang lebih speed dia pake tenaga dari pergelangan tangannya..

Slap Scale:

latihan slap berikut ini bisa di jadikan pilihan apabila teman2 bassist semua ingin bermain nada2 yang biasa dimainkan dengan finger menjadi lebih variatif dengan slap..

contoh : C major scale

nada senar teknik
---------------------------------------
C A DOWN
D A UP
E D PLUCK
F D DOWN
G D UP
A G PLUCK
B G DOWN
C G UP

contoh 2 : C minor scale ( Aeolian )

nada senar teknik
-------------------------------------
C A DOWN
D A UP
Eb A PLUCK
F D DOWN
G D UP
Ab D PLUCK
Bb G DOWN
C G UP

nah, kedua latian ini bisa dijadikan basic untuk memainkan slap singing nantinya apabila masing2 jari telah memiliki tingkat independen seperti saat kita bermain finger..

selamat mencoba.

Triad

Anda dapat memainkan interval tidak hanya satu interval, tapi anda dapat mengkombinasikan dengan interval yang lain. Gabungkan antara satu Third interval dengan Third interval yang lain, Ini akan menghasilkan triad. Triad adalah bentuk chord dasar yang paling sederhana.


1. Gabungkan Major 3rd dengan Minor 3rd diatasnya akan menghasilkan Major Triad. Contoh pada bar 1
Sehingga konstruksi yang membentuk chord C major adalah
C-E-G
Interval C ke E :Major 3rd
Interval E ke G:Minor 3rd

2. Gabungkan Minor 3rd dengan Major 3rd diatasnya akan menghasilkan Minor Triad. Contoh pada bar 2
Sehingga konstruksi yang membentuk chord C Minor adalah
C-Eb-G
Interval C ke Eb: Minor 3rd
Interval Eb ke C:Major 3rd

3. Gabungkan dua Minor 3rd diatasnya akan menghasilkan Diminished Triad. Contoh pada bar 3
Sehingga konstruksi yang membentuk chord C dim adalah
C-Eb-Gb
IntervalC ke Eb :Minor 3rd
Interval Eb ke Gb:Minor 3rd

4. Gabungkan dua Major 3rd akan menghasilkan Augmented Triad. Contoh pada bar 4
Sehigga konstruksi yang membentuk chord C aug adalah
C-E-G#
Interval C ke E : Major 3rd
Interval E ke G#: Major 3rd

Cobalah mainkan masing-masing chord tersebut. Ini akan menghasilkan efek emosional yang berbeda. Contohnya saat memainkan chord Major anda akan merasa bahagia, kuat, senang. Saat memainkan chord minor anda akan merasa sedih, tragis, bawaannya melamun, ingat akan kisah cinta anda yang tidak kesampaian (apa sih… hehe). Saat mendengarkan chord Diminished anda akan merasa gelisah. Saat mendengarkan chord Augmented anda akan merasa suasana yang memberi kesan sepi. Hening.

Interval

Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk, harmoni bisa terbentuk. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.

Knapa Harus belajar teori?

Teori adalah "tools" buat musisi.. dengan mempelajari teori kita dapat mengetahui alasan kita bermain seperti itu, bagaimana cara bermain seperti itu, bagaimana cara menghasilkan musik yang seperti itu.. tentu saja ide-ide kita jadi berkembang lebih luas dengan adanya teori..

Knapa harus belajar interval?

Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk, harmoni bisa terbentuk.. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.. pada saat anda sudah mengetahuinya dengan lebih baik, ini akan sangat membantu saat anda "transcribe" (dalam bahasa populernya ngulik) sebuah lagu, karena dengan menguasai interval, anda sudah dapat mengetahui susunan melodi dan chord tersebut, bahkan tanpa menggunakan alat musik.


Interval (1)

Yang membangun melodi dan harmoni adalah interval, dapat dikatakan interval adalah jarak antara dua nada. Contoh berikut akan menggambarkan jarak interval dari Nada pertama (Root), Jarak yang terkecil (jarak setengah nada/half step) hingga ke oktaf/octave.

Contoh Interval Pada C Major Scale

C major Scale: C D E F G A B C
1 2 3 4 5 6 7 8

FIRST INTERVAL.....................Root/prime note/note awal
SECOND INTERVAL.................Jarak dari C ke D
THIRD INTERVAL....................Jarak dari C ke E
FOURTH INTERVAL................Jarak dari C ke F
FIFTH INTERVAL....................Jarak dari C ke G
SIXTH INTERVAL....................Jarak dari C ke A
SEVENTH INTERVAL..............Jarak dari C ke B
EIGTH INTERVAL....................Jarak dari C ke C yang lebih tinggi/octave

Interval-interval tersebut terdapat dalam C Major scale dan dinamakan Diatonic Interval. Ada dua macam interval dalam diatonic interval yaitu Major interval dan Perfect Interval

C ke C adalah Unison

C ke D adalah Major Second

C ke E adalah Major Third

C Ke F Adalah Perfect four

C Ke G adalah Perfect Fifth

C Ke A Adalah Major Sixth

C Ke B Adalah Major Seventh

Cara Memainkan Slap

Pada postingan dulu saya sudah ppernah menyinggung mengenai slap pada bass. Mungkin ada pembaca yang masih kurang puas dengan postingan terdahulu mengenai masalah slap. Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan lebih jauh tentang slap.


Pada pembahasan lalu kita telah mengenal dan mengerti metode Slap & Pop. Kali ini kita akan mengatur lamanya string bergetar dengan meredamnya atau menghentikan getarannya dengan menggunakan Playing Hand.

Mainkan riff di bawah ini:



Slap string E kemudian letakkan jari (Playing Hand) diatas string yang bergetar (tapi tidak sampai menyentuh fret) agar getarannya berhenti.

Sejauh ini masih bisa dimengerti kan??? Inilah metode Mute yang saya maksud.

SPECIAL NOTE:
Cobalah dengarkan lagu Van Halen ‘Run with the Devil’. Perhatikan permainan bass Antony dalam Intro lagu. Seperti ada denyutan bass. Buat suara, hentikan sama sekali, buat suara lagi, hentikan lagi... begitu seterusnya. It’s so simple...

Ghost Note sebenarnya menurut saya bukan suatu nada, tapi hanya sebagai beat perkusif dalam barisan notasi. Jika Mute digunakan untuk menghentikan sustain string, maka Ghost Note dimainkan pada saat Mute dilakukan. Artinya begini: Letakkan Playing Hand di atas string (seperti melakukan Mute), kemudian petik/Slap string.

Satu hal lagi, metode ini hampir sama dengan metode Harmonic, namun jika dicermati Harmonic akan mempunyai resonansi yang lebih besar dari Ghost Note. Harmonic juga mempuyai Titik Spot tertentu, sedangkan Ghost Note menurut saya bisa dimana saja.

Perhatikan riff Slap & Pop di bawah ini:

Tapping Pada Bass

Tapping pada bass bisa menambah keindahan gaya permainan bass kita. Pada dasarnya tapping itu hampir sama dengan membentuk chord, jadi kita mesti tahu chord apa yang akan dimainkan.

main tapping itu hampir sama dengan membentuk chord, jadi kita mesti tahu chord seperti apa yang mau dimainkan.

Misalnya tapping C major, kita harus mencari not pembentuk C mayor: C-E-G
atau bisa juga di inversi (urutannya dibolak-balik) seperti pada piano

E-G-C
E-C-G
G-C-E
G-E-C
C-G-E

atau mau dibuat lebih keren, buat C major sus 2, C-D-G

bisa diinversi:
C-G-D
D-C-G
D-G-C
G-C-D
G-D-C

not-nya juga tidak harus tiga, bisa 4, 5, 6...dst...sesuai kemampuan jari

trus sisanya tinggal cari posisi jari yang enak.

Menggunakan Chord Pada Bass

Menggunakan chord bukan merupakan hal yang baru dalam memainkan bass, walaupun didalam permainan sehari – hari pemain bass biasanya hanya memainkan satu not secara bergantian bahkan cendrung menghindari penggunaan dua atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan dikarenakan frekwensi bass yang rendah.


Para pemain bass internasional seperti Jeff Berlin, Jaco Pastorius, Todd Johnson, dan Michael Dimmin, serta pemain bass nasional seperti Indro Hardjodikoro, Arya Setyadi dan Adi Dharmawan telah menyatukan penggunaan chord di dalam bass lines maupun solo mereka dengan sangat baik sehingga terdengar sangat harmonis. Rendahnya frekwensi bass membuat penggunaan chord pada bass menjadi sedikit “tricky”, sebab sering kali kita tidak dapat menggunakan semua nada didalam chord dan tidak semua posisi pada bass baik dimainkan untuk chord. Untuk referensi awal mengenai chord pada bass anda dapat membaca beberapa artikel dari Todd Johnson, mengunjungi michaeldimmin.com, ataupun menggunakan sumber – sumber lain, Happy Googling!!.

How High The Moon (Morgan Lewis) merupakan lagu jazz standart yang saya pilih untuk diaransemen menjadi solo bass dengan menggunakan chord. Lagu ini menggunakan progresi chord yang mudah tetapi cukup menarik dimainkan karena menggunakan melodi yang beberapa not-nya diluar komponen chord. Lagu ini diaransemen menjadi 2 bagian. Pada bagian pertama di mainkan dengan free time (rubato), dan pada bagian kedua (dimulai pada bar ke-34) dimainkan dengan swing feel, seluruh lagu dapat dimainkan dengan menggunakan jempol, jari telunjuk, dan jari tengah untuk memudahkan chord voicing. Pada bar ke-2 hingga ke-17 saya memainkan melodi “head” dengan menggunakan chord sebagai pelengkap harmoni. Karena keterbatasan bass, hampir seluruh chord hanya dimainkan root, 3rd, dan 5th-nya sebagai “guide tones”. Pada bar ke-21 dan 27 digunakan Tritone Subtitution sehingga pada bar 21 chord C7 diganti menjadi F#7 dan Bb7 diganti menjadi E7. Untuk mempertegas swing feel yang dimulai pada bar ke-34 digunakan walking bass yang digabungkan dengan chord dan melodi. Sebagai catatan, saat memainkan walking bass gunakan swing eight note untuk setiap eight note yang tertulis. Lagu ini ditutup di bar ke-64 dengan pergerakan chord C#m7(b5) ke F#7(#11) lalu ke Bm7 dan turun secara chromatic ke G6, senua dimainkan secara free time. Tablatur dan file audio yang disertakan disini adalah hanya sebagai referensi untuk memainkan lagu ini. Anda dapat memainkannya dengan cara yang paling nyaman menurut anda sendiri. Untuk file audio saya tidak memainkan bagian awal dengan free time untuk mencontohkan jika lagu ini dilatih dengan metronome.

Suara yang dihasilkan jika memainkan chord pada bass jelas berbeda dari instrument lain seperti gitar atau piano. Walaupun terbatas, chord pada bass menurut saya pribadi bersuara lebih “hangat” dari pada instrument lain. Lagu ini cukup mudah dimainkan karena banyaknya pengulangan, tetapi tetap memberi tantangan tersendiri saat dimainkan secara solo. Bereksperimenlah dengan lagu ini dengan merubah rhythm, chord atau bahkan melodinya, setelah merasa nyaman coba teknik aransemen ini pada lagu standart lain yang akan terasa natural ditangan seperti: “Fly Me to the Moon”, “All The Things You Are”, atau bahkan lagu – lagu non jazz standart.

How To Play Guitar Bass

Mempunyai hobi musik tidak lengkap rasanya kalau belum bisa memainkan alat musik seperti gitar yang terkenal yang dapat dijadikan teman pengiring semua jenis lagu yang ada di seluruh dunia dan akherat. Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya.


Untuk belajar bass sebaiknya anda belajar gitar terlebih dahulu, karea orang yang dapat bermain gitar otomatis bisa bermain bass, namun jika anda bisa bermain bass tidak otomatis bisa gitar. Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda pada gitar, sehingga ada baiknya jika anda belajar kunci dasar gitar dahulu. Selain itu anda bisa menghemat uang, karena tidak perlu membeli bass, tetapi cukup gitar kopong yang murah saja sudah cukup.

Untuk bermain gitar anda harus siap merasa agak sakit pada ujung jari kiri anda, karena akan digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari kita menjadi kapalan maupun melendung baik jari di tangan kiri maupun kanan. Untuk mendapatkan sesuatu anda memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.

Jika anda berencana untuk kursus sebaiknya anda jangan ikut kursus sebelum menguasai tehnik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan kocokan gonjreng pada gitar. Jika anda belum menguasai hal itu anda hanya akan memperlama masa kursus anda yang akan menghabiskan uang.

Untuk menghemat biaya anda bisa belajar pada teman, saudara atau tetangga yang anda kenal baik dan bisa barmain gitar. Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka anda harus belajar otodidak alias belajar sendiri.

Yang diperlukan untuk belajar gitar dasar sendirian :
- Gitar apa saja boleh kopong dan boleh lisrik
- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar
- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu
- Kemampuan stem atau menyetem gitar

Untuk memulai latihan anda harus menyetem gitar anda terlebih dahulu agar suara 6 senar gitar bisa harmonis dan tepat. Jika tidak distem maka anda tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas. Untuk stem gitar anda bisa minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting. Untuk masalah stem gitar anda bisa mencari buku panduan bermain gitar di toko buku.

Jika anda mau stem sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang barus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah. Anda harus menggunakan filing anda apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika tidak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas.

Jika sudah OK, maka selanjutnya anda tinggal mencoba gonjreng pada kunci standar sampai jari anda anda terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan filing anda.

Jika sudah bisa maka anda bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya. Namun syaratnya adalah steman pada gitar anda sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah juga benar sesuai dengan yang di kaset dan gitar anda.

Jika anda sudah agak lancar anda bisa melanjutkan ke kursus atau inovasi sendiri belajar hal-hal lainnya dari buku mapun kenalan anda. Jika sudah menguasai anda bisa membentuk grup band anda sendiri bersama orang lain yang bisa memainkan alat musik lainnya. Selamat belajar dan semoga berhasil :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :