Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Jumat, 17 Juli 2009

Cara Memainkan Bass Untuk Para Bass Player Pemula

Ada beberapa cara mudah untuk memainkan bass yang dapat ditempuh oleh para bass player pemula. Sebelum memainkan bass, kita hendaknya menganggap kalau bass yang akan kita mainkan itu adalah perpanjangan dari tangan kita sehigga kita lebih leluasa untuk mengexplorasi imajinasi kita dengan medium bass tadi.



Bass adalah salah satu alat musik yang cukup familiar di telinga kita. Ketika mendengar tentang kata "Bass" kita pasti langsung teringat dengan mas Bondan, mas Frenky, mba' Ices dan para bass player lainnya yang juga tidak kalah hebatnya. Bass pada umumnya mempunyai 4 senar, tapi pada aliran-aliran seperti jazz, funk, dan progressive selalu mempunyai senar lebih dari 4. Dalam memainkan musik, bass selalu mengikuti pola irama drum sehingga membentuk groove. Ada beberapa cara mudah untuk memainkan bass yang dapat ditempuh oleh para bass player pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut :
Sebelum memainkan bass, kita hendaknya menganggap kalau bass yang akan kita mainkan itu adalah perpanjangan dari tangan kita sehigga kita lebih leluasa untuk mengexplorasi imajinasi kita dengan medium bass tadi. Selanjutnya adalah mengenal pola irama ketukan drum sehingga kita bisa dengan mudah untuk membentuk groove yang enak didengar. Untuk posisi tangan, sebaiknya kita berusaha untuk lebih rileks agar tidak mudah lelah. Pick up pada bass juga menentukan style dalam permainan kita. Yang paling utama adalah perasaan, karena jika kita memainkan bass tidak dengan menggunakan perasaan, permainan akan terasa kotor walaupun kita mempunyai skill bermain bass yang cukup.
Dalam latihan juga sebaiknya dibiasakan dalam posisi berdiri. Hal ini dimaksudkan agar ketika akan tampil diatas panggung kita sudah menguasai perpindahan dari fret yang satu ke fret yang lain. Posisi bass juga menentukan dalam permainan. Kalau saya sendiri lebih nyaman jika posisinya agak ke bawah perut.
Dalam permainan bass dikenal istilah "fingering" atau penjarian. Ketika memainkan bass fingering juga sangat mempengaruhi permainan. Posisi jari-jari ketika menekan senar pada papan fret harus lurus ke bawah agar ketika berpindah fret tidak ada bagian yang kosong. Posisis ibu jari juga tidak boleh menggantung diatas papan fret karena membuat jari-jari yang menekan senar menjadi tidak maksimal. Selain fingering, dikenal juga istilah "picking". Picking ialah cara memetik senar pada bass. Cara memetik senar pada bass ada dua cara, yaitu dengan penggunakan jari dan juga dengan menggunakan pick. Penggunaan pick biasanya pada aliran musik keras seperti punk, metal dan jenis musik underground. Untuk gaya permainan kita bisa meniru gaya dari beberapa bass player yang sudah terkenal seperti Billy Seehan, Flea RHCP atau bass player Dream Theater, John Myung. Masing-masing dari mereka mempunyai gaya permainan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain sesuai dengan jenis aliran masing-masing.
Mungkin hanya itu saja yang saya bisa sampaikan pada edisi ini. Tapi semua yang saya jelaskan diatas tidak akan berguna tanpa kemauan, karena itu semua tergantung dari kemauan kita untuk mendalami musik khususnya bass.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :