Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Sabtu, 01 Agustus 2009

Biografi Muse




MUSE Adalah grup musik Inggris yang memiliki jenis musik yang menggabungkan berbagai aliran musik. MUSE memadukan aliran klasik, modern, dan bahkan latin pada lagu-lagu mereka. Band ini dibentuk di Devon pada tahun 1994. Anggota band terdiri dari tiga orang: Matthew Bellamy (vokalis, gitaris, pianis), Dominic Howard (drummer), dan Chris Wolstenholme (bassis). Setelah peluncuran album mereka yang keempat, Morgan Nicholls dan Dan the Trumpet Man juga sering tampil dalam konser MUSE, sebagai keyboardis dan backing vokal dan untuk Dan the Trumpet Man tampil sebagai peniup terompet untuk lagu knights of cydonia dan seterusnya.

Sejarah (1992-1997)
Pembentukkan Pada tahun 1990-an awal, anggota-anggota MUSE memiliki grup musik masing-masing di sekolah mereka. Pembentukkan MUSE berawal ketika Matthew Bellamy yang berumur 14 tahun berhasil lulus audisi untuk masuk grup Dominic Howard. Ketika bassis mereka memutuskan untuk keluar, mereka meminta teman baik mereka, Chris Wolstenholme, untuk bergabung dan mempelajari gitar bass. Chris sempat menolak, tapi akhirnya memutuskan untuk bergabung. Band baru ini sempat banyak berganti nama, antara lain Gothic Plague, Carnage Mayhem, Fixed Penalty, dan Rocket Baby Dolls, sampai akhirnya menggunakan nama MUSE yang dikenal sekarang. Urutan kronologis pergantian nama band ini tidak jelas, karena MUSE memberikan informasi yang tidak konsisten pada wawancara-wawancara mereka. Pada tahun 1994, masih dengan nama band Rocket Baby Dolls dan dengan gaya gothic/glam, mereka memenangkan kompetisi battle of the bands lokal. Dan tak lama setelah ini, mereka mengganti nama menjadi MUSE, dan mulai tampil di club-club seperti Cavern di Exeter.

Breakthrough (1998-2000)
Setelah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, MUSE memainkan konser-konser pertama mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu dengan Dennis Mills, pemilik studio rekaman Sawmills, yang bermarkas di Cornwall, Inggris. Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman resmi pertama MUSE, yaitu E.P. self-titled (berjudulkan nama band) yang menggunakan label inhouse Sawmills, Dangerous. Lalu E.P. ke-2 mereka, Muscle Museum, mendapat perhatian dari jurnalis musik Inggris yang berpengaruh, Steve Lamacq, serta majalah musik mingguan Inggris, NME. Dennis Mills lalu membantu membangun perusahaan music Taste Media, yang dibuat khusus untuk MUSE (MUSE menggunakan label ini untuk 3 album pertama mereka). Ini merupakan hal yang sangat menguntungkan untuk MUSE karena mereka dapat mempertahankan keunikan musik mereka pada awal karir mereka. Walaupun E.P. ke-2 mereka sukses dan mendapat pengakuan, banyak perusahaan rekaman Inggris yang enggan mendukung MUSE, dan banyak orang di industri musik menganggap musik MUSE terlalu mirip dengan Radiohead. Namun, perusahaan Amerika Serikat Maverick Records merealisasikan MUSE tampil beberapa kali di Amerika Serikat, dan kemudian mengontrak mereka pada tahun 1998. Sepulangnya dari Amerika, Taste Media mendapatkan kontrak untuk MUSE di perusahaan-perusahaan rekaman di Eropa dan Australia. John Leckie, yang menjadi produser album untuk Radiohead, Stone Roses, ”Weird Al” Yankovic dan The Verve, dijadikan produser album pertama MUSE, Showbiz. Peluncuran album ini diikuti dengan penampilan pendukung pada tur band Foo Fighters dan Red Hot Chili Peppers di Amerika Serikat. Pada tahun 1999 dan 2000 MUSE bermain pada festival-festival musik besar di Eropa, serta tampil juga di Australia, dan mengumpulkan banyak penggemar baru di Eropa Barat.

Awal ketenaran (2001-2002)
Album ke-2 mereka, Origin of Symmetry, dengan Leckie sebagai produser juga, berisi musik yang lebih berat dan gelap, dengan suara bass Wolstenholme, yang berat dan terdistorsi. Dan lagu-lagu seperti Space Dementia yang menggunakan teknik klasik, yang terinspirasikan oleh Rachmaninoff. MUSE bereksperimen dengan alat-alat musik yang tidak lazim dipakai, seperti organ gereja, Mellotron, dan peralatan drum yang diperlengkap. MUSE lebih banyak memakai suara tinggi Bellamy, dengan alunan arpeggio gitar, dan piano yang terdengar jelas, yang terinspirasi dari gerakan Romantisme, khususnya musikus Rusia Sergei Rachmaninov dan Tchaikovsky. Selain itu, terdengar juga unsur-unsur musik minimalis seperti Philip Glass. Album ini juga menyertakan daur ulang lagu Feeling Good, yang aslinya dibuat oleh Anthony Newley dan Leslie Bricusse. Secara umum, eksentriknya gaya musik rock MUSE terlihat mirip musik band Queen pada tahun 1970-an. Album ini mungkin bakal membuat MUSE semakin terkenal di Amerika Serikat, tapi Maverick tidak setuju dengan gaya vokal Bellamy (yang dianggap tidak cocok untuk radio), dan meminta MUSE untuk merubah beberapa lagu mereka untuk dirilis di Amerika. MUSE, yang meresa terhina, menolak dan meninggalkan perusahaan rekaman Maverick, yang mengakibatkan tidak dirilisnya album Origin of Symmetry ini di Amerika (album ini akhirnya dirilis disana pada 20 September 2005). Setelah album ini, MUSE merilis Hullabaloo Soundtrack, DVD yang berisi penampilan mereka di Le Zenith di Paris,Perancis pada tahun 2001. Lalu secara bersamaan, mereka merilis album ganda yang berisi B-side dan rekaman dari penampilan di Le Zenith. Kemudian album ganda berisi single-single A-side juga dirilis, dengan dua lagu baru, yaitu In Your World dan Dead Star, yang berbeda dengan gaya opera lagu-lagu lain pada Origin of Symmetry. Pada edisi Februari 2006 majalah Q Magazine, album Origin of Symmetry ditempatkan pada urutan 74 dari 100 album terbaik sepanjang masa menurut penggemar.

Profile Personil :
1. Matthew Bellamy
Matthew James Bellamy (lahir di Cambridge, Inggris, tanggal 9 Juni 1978) adalah vokalis, gitaris serta pianis dari grup musik rock ternama asal Inggris, Muse. Ia besar di kota Teignmouth di daerah Devon di selatan Inggris. Ayahnya, George Bellamy adalah seorang gitaris1950-1960an, The Tornados, yang merupakan grup Inggris pertama yang berhasil menduduki posisi puncak tangga lagu Amerika sebelum The Beatles, dengan albumnya "Telstar". Ibunya, Marilyn, adalah seorang pendatang dari Irlandia. dari grup musik Inggris tahun
Secara sound, Bellamy adalah seorang gitaris yang sangat canggih. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca Bellamy menggunakan beberapa channel sekaligus untuk gitarnya. Belum lagi sinyal MIDI yang juga ikut meramaikan soundnya. Jujur, sebenarnya dari dulu saya mencoba mengulik sound Bellamy dan menirunya ke multiefek saya. Tapi sampai sekarang hasilnya nihil.hehehe. Sulit sekali bagi saya menemukan formula yang tepat untuk menirukan sound Bellamy yang megah dan powerful itu.


Nah, karena kemaren saya dapet pertanyaan mengenai Bellamy, maka saya putuskan untuk mencoba browsing sebentar dan mencari beberapa info yang mungkin berguna untuk teman kita RIZQI.
Setelah browsing beberapa saat di internet, saya semakin yakin kalo Bellamy bukan manusia. Hehehe. Bukan manusia karena ia memang jenius banget nget nget….

Bellamy mempunyai beberapa gitar yang sering ia pake waktu manggung. Perlu dicermati bahwa apabila ia sering berganti gitar di panggung, itu bukan karena gaya2an semata. Melainkan lebih kepada kebutuhan soundnya yang mengharuskan ia berganti gitar.
Bellamy secara umum memakai gitar Manson yang ia desain bersama Hugh Manson.


Gitarnya yang paling terkenal adalah gitar Manson silver yang didalamnya tertanam beberapa efek gitar seperti Z.Vex Fuzz Factory, MXR Phase 90 Phaser, dan sebuah Roland MIDI pickup yang memungkinkan dia mengirim sinyal MIDI dari gitarnya ke Synthesizer apapun yang ia pake.

Kemudian ia juga mempunyai sebuah ‘Bomber Manson’. Sebuah gitar yang finishingnya menyerupai cermin dan pesawat Bomber B52. Gitar ini bisa juga dibilang unik karena ia memiliki sebuah MIDI strip yang bisa digunakan untuk mengontrol Digitech Whammy IV langsung dari gitarnya., sebuah Z Vex Probe Wah dan beberapa efek lain yang built in ke dalam gitarnya.
2. Chris Wolstenholme
Nama lengkap : Christopher Tony Wolstenholme

Tanggal lahir: 2 Desember 1978

Tempat lahir : Rotherham, Yorkshire.

Posisi : Bass gitar, gitar,backing vocal , keyboard

Band: Fixed Penalty, Rocket Baby Dolls (sebelum berganti nama jadi MUSE yg sekarang), dan sekarang Muse

Chris lahir pada 2 Desember 1978 di Rotherham, Yorkshire lalu pindah ke Devon saat umur 11 tahun. Ibunya sering beli kaset/cd musik secara terartur. Pada awalnya belajar gitar, lalu drum sampai akhirnya bermain bass saat bertemu Dom (drummer muse) dan Matt (gitaris/vokalis muse).

Chris main bass dan backing vocals. Saat muse pertama kali mulai memainkan lagu Plug In Baby secara live, beliau ingin satu set senar baru pada bassnya tiap saat Muse memainkannya, hanya untuk mendapatkan sound tepat seperti yg beliau inginkan

Chris sudah menikah dan mempunyai (saat tulisan ini dibuat) 3 anak (Alfie, Ava Jo dan Frankie). Beliau pernah kehilangan cincin kawinnya saat konser di Jepang, tapi mendapatkannya kembali dari seorang fan yg menemukannya. Fan tersebut mendapatkan suplai konser tiket muse seumur hidup sebagai imbalan.

Bass yang digunakan : Pedulla Rapture RBJ2-4
Pedulla Rapture RB4
Pedulla Rapture RB5
Fender Jazz Bass
Warwick streamer 4
Zon Sonus Studio 4
Rickenbacker 4003

Ampli yang digunakan : Ampeg SVT II head
Ampeg PR-1832HE cabinet
Marshall DBS 400Watt head
Marshall 7410 4x10 CAbinet
Marshall 7015 1x15 cabinet
Marshall B150

Rack : Maracas (untuk lagu "endlessly")
4xMarshall DBS 400W Head
Rocktron All Access
Shure UHF receiver
Line 6 Filter Modeler Pro
sound sculpture gl switcher/router
2x Line 6 Bass POD Pro
Line 6 Filter Modeler Pro
Marshall Bass Head (?)

Pedalboard (on stage) : Korg DTR1 Tuner
Rocktron All Access
Roland PK-5 Dynamic Foot Pedal

Pedalboard (off stage) : Akai Deep Impact
Human Gear Animato Distorion
Electro Harmonix Russian Big Muff Pi
Boss DD-3
Boss OC-2
Boss PS-3
Digitech Bass Synth Wah
Rocktron All Access



3. Dominic James Howard


Howard dilahirkan di Stockport, Cheshire, di Inggris 7 Desember 1977. Ketika dia berumur 8 tahun, dia bersama keluarganya pindah ke Teignmouth , sebuah kota kecil di Devon . Dia mulai bermain drum ketika usianya sekitar 12 tahun, ketika sekolah ia terinspirasi oleh musik jazz.
Band pertama Howard dinamakan ' Carnage Mayhem' ketika ia sekolah. Pada bulan pertama tahun 1994 gothic plague dilahirkan, diikuti oleh Rocket Baby Dolls dan kemudian akhirnya Muse. Howard adalah anggota band tertua, diikuti oleh Bellamy, kemudian Wolstenholme.
Pada 26 September 2008, Howard, bersama dengan Bellamy dan Wolstenholme, diberikan Kehormatan Doctorate of Arts dari University of Plymouth.
Howard terinspirasi oleh drummers seperti Stewart Copeland, Jimmy Chamberlin, Roger Taylor, Buddy Rich, Nick Mason, Tre Cool, Tim Alexander, Dave Grohl, dan masih banyak lagi.

Diskografi

Kover album Nama album Tanggal rilis
Showbiz 9 September 1999
Origin of Symmetry 18 Juni 2001
Hullabaloo Soundtracklive) (CD/DVD 1 Juli 2002
Absolution 29 September 2003
Black Holes & Revelations 3 Juli 2006
H.A.A.R.P (CD/DVD live) 14 Maret 2008

Penghargaan

Tahun Penghargaan Kategori Wilayah Keterangan
2000 NME Awards Best New Artist United Kingdom
2001 Kerrang! Awards Best British Band United Kingdom
2002 Kerrang! Awards Best British Live Act United Kingdom
2004 Q Awards Innovation Award United Kingdom
Kerrang! Awards Best Album United Kingdom
Q Awards Best Live Act United Kingdom
MTV EMA Best Alternative Eropa
MTV EMA Best UK & Ireland Act Eropa
2005 BRIT Awards Best Live Act United Kingdom
NME Awards Best Live Act United Kingdom
mtvU Woodie Awards Best International Amerika Serikat
2006 Q Awards Best Live Act[9] United Kingdom
MTV EMA Best Alternative Eropa
Kerrang! Awards Best Live Act[10] United Kingdom
BT Digital Music Awards Best Rock Artist United Kingdom
UK Festival Awards Best Rock Act[11] United Kingdom Untuk Reading and Leeds Festivals 2006
UK Festival Awards Best Headline Act[11] United Kingdom Untuk Reading and Leeds Festivals 2006
Vodafone Live Music Awards Best Live Act[12] United Kingdom
2007 BRIT Awards Best Live Act[13] United Kingdom
NME Awards Best British Band[14] United Kingdom
BT Digital Music Awards Best Rock Artist[15] United Kingdom
Vodafone Live Music Awards Tour of the Year[16] United Kingdom
Q Awards Best Live Act[17] United Kingdom
MTV EMA Headliner[18] Eropa
MTV EMA Best UK & Ireland Act[18] Eropa
mtvU Woodie Awards Best Performing[19] Amerika Serikat
2008 Meteor Music Awards Best International Live Performance[20] Irlandia Untuk Oxegen 2007
NME Awards Best Live Band[21] United Kingdom
MTV Asia Awards Bring Da House Down[22] Asia Untuk Muse Asia Tour 2007

Rujukan

  1. ^ Muse play supermassive free show. NME News. NME.COM. Diakses pada 2008-01-27
  2. ^ a b c muse: biography. microcuts.net. Diakses pada 2007-08-04
  3. ^ a b 1999, "Muse", Kerrang!
  4. ^ Muse. Artists. Taste Music. Diakses pada 2008-01-27
  5. ^ Muse biography. ticketmaster.ie. Diakses pada 2008-05-02
  6. ^ Muse's Matt Bellamy Talks. Ultimate-Guitar.com.
  7. ^ Carlson, Dean Origin of Symmetry - Review. Allmusic. Diakses pada 2008-01-27
  8. ^ Morton, Roger Origin of Symmetry - Review. NME. Diakses pada 2008-05-04
  9. ^ THE Q AWARDS 2006 Winners. ilikemusic. Diakses pada 2008-01-24
  10. ^ Kerrang! Awards 2006 Blog: Best Live Band. Kerrang!. Diakses pada 2007-12-09
  11. ^ a b UK Festival Awards 2006 - The Winners!. Festival Awards. Diakses pada 2007-12-09
  12. ^ 2006 Vodaphone Live Music Awards. Vodaphone. Diakses pada 2007-12-09
  13. ^ The Brit Awards 2007. The Brit Awards. Diakses pada 2008-02-17
  14. ^ Muse Win Best British Band at Shockwaves NME Awards. NME. Diakses pada 2007-09-20
  15. ^ BT Digital Music Awards 2007. BT. Diakses pada 2007-12-09
  16. ^ The 2007 Vodafone Live Music Awards. Vodafone. Diakses pada 2008-02-17
  17. ^ Q Awards: Best Live Act 2007. Q. Diakses pada 2007-12-09
  18. ^ a b Winners. 2007 MTV Europe Music Awards. MTV. Diakses pada 2007-12-09
  19. ^ Winners. The mtvU Woodie Awards 2007. NME. Diakses pada 2008-02-17
  20. ^ Stars out for the Meteors. RTÉ. Diakses pada 2008-02-16
  21. ^ Shockwaves NME Awards 2008: Muse win Best Live Band. NME. Diakses pada 2008-02-28
  22. ^ 2008 MTV Asia Awards Honors The Best From The East And West. MTV Asia. Diakses pada 2008-08-04

Pranala luar




0 komentar:

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :