Pengunjung ke:

myspace hit counter

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sharing yuck . . .

Share |

Minggu, 14 Februari 2010

Matthew Bellamy dan Gitar Uniknya

Matthew James Bellamy, ato mungkin lebih sering dipanggil Matt Bellamy adalah seorang gitaris ajaib.hehehe. Yup, menurut saya Bellamy memang ajaib. Kemampuannya sebagai seorang gitaris bisa dibilang diatas rata-rata. Memang dari segi teknik permainan Bellamy bisa dibilang masih dibawah senior2nya seperti Satriani atu Vai yang gila2an. Tapi untuk sound dan inovasi, ia berani diadu dengan para seniornya tersebut.

Pertama kali saya mendengar permainan Bellamy sekitar 4 thn yang lalu. Waktu itu Hysteria lagi kenceng2nya diputer di radio. Entah kenapa lagu itu membuat saya menjadi penasaran dengan Muse. Dan setelah membeli kasetnya dan mendengarkannya secara seksama, saya berkesimpulan bahwa Bellamy bukan manusia.hehehe.

Secara sound, Bellamy adalah seorang gitaris yang sangat canggih. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca Bellamy menggunakan beberapa channel sekaligus untuk gitarnya. Belum lagi sinyal MIDI yang juga ikut meramaikan soundnya. Jujur, sebenarnya dari dulu saya mencoba mengulik sound Bellamy dan menirunya ke multiefek saya. Tapi sampai sekarang hasilnya nihil.hehehe. Sulit sekali bagi saya menemukan formula yang tepat untuk menirukan sound Bellamy yang megah dan powerful itu.

Nah, karena kemaren saya dapet pertanyaan mengenai Bellamy, maka saya putuskan untuk mencoba browsing sebentar dan mencari beberapa info yang mungkin berguna untuk teman kita RIZQI.
Setelah browsing beberapa saat di internet, saya semakin yakin kalo Bellamy bukan manusia. Hehehe. Bukan manusia karena ia memang jenius banget nget nget….

Kali ini saya akan coba menulis tentang Gitar yang sering dipakai oleh Bellamy. Mengenai efek dan gear yang lain akan saya posting lain waktu.

Bellamy mempunyai beberapa gitar yang sering ia pake waktu manggung. Perlu dicermati bahwa apabila ia sering berganti gitar di panggung, itu bukan karena gaya2an semata. Melainkan lebih kepada kebutuhan soundnya yang mengharuskan ia berganti gitar.
Bellamy secara umum memakai gitar Manson yang ia desain bersama Hugh Manson.

Gitarnya yang paling terkenal adalah gitar Manson silver yang didalamnya tertanam beberapa efek gitar seperti Z.Vex Fuzz Factory, MXR Phase 90 Phaser, dan sebuah Roland MIDI pickup yang memungkinkan dia mengirim sinyal MIDI dari gitarnya ke Synthesizer apapun yang ia pake.

Ni gambarnya


Kemudian ia juga mempunyai sebuah ‘Bomber Manson’. Sebuah gitar yang finishingnya menyerupai cermin dan pesawat Bomber B52. Gitar ini bisa juga dibilang unik karena ia memiliki sebuah MIDI strip yang bisa digunakan untuk mengontrol Digitech Whammy IV langsung dari gitarnya., sebuah Z Vex Probe Wah dan beberapa efek lain yang built in ke dalam gitarnya.

Ni gambarnya bos..


Gitar berikutnya adalah ‘Black Kaoss Manson”.



Nah, ini ini dia gitar yang menurut saya cukup fenomenal. Saya pertama kali melihat gitar ini sekitar satu atau dua tahun yang lalu. Sori lupa.. Yang jelas waktu itu saya melihat Bellamy menggunakan gitar ini untuk bermain live. Gitar ini dilengkapi dengan sebuah Fernandes Sustainer pada neck-nya dan sebuah Pad yang terhubung dengan Kaoss Pad.
Jujur waktu itu saya lumayan takjub melihat ada seorang gitaris yang menanam sebuah Pad X-Y kontroler pada gitarnya. Sekedar info saja, banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa Bellamy memasang sebuah kaossilator pada gitarnya.
Sori, ini mungkin agak keluar dari skope bahasan kita. Hanya ingin memberikan sedikit info saja kepada teman2 sesama gitaris amatir, Kaoss Pad dan Kaossilator adalah dua jenis instrument yang berbeda. Kaoss Pad adalah sebuah efek yang bisa memproses audio. Sedangkan Kaossilator adalah sebuah synthesizer kecil yang bisa digenggam(hand held). Secara awam, Kaossilator bisa dibilang sebagai keyboard kecil seukuran kalkulator.

Jadi,menurut sepengetahuan saya, yang Bellamy pasang pada gitarnya adalah sebuah kontroler(remote control) untuk mengontrol Kaoss Pad pada rak efeknya. Bukan sebuah Kaosilator.
Kaoss pad itu sendiri adalah berupa sebuah efek yang lazim digunakan oleh para DJ untuk menghasilkan sound yang unik. Cara penggunaannya adalah dengan cara menyentuh layarnya. Nah, yang anda lihat pada gitar Bellamy hanyalah controller yang bentuknya menyerupai layar pada Kaoss Pad. Dengan memasang kontroler ini, ia bisa leluasa memainkan Kaoss Pad-nya melalui controller yang sudah tertanam di gitarnya. Jadi apabila anda ingin mempunyai gitar seperti punya Bellamy, siap2lah untuk merogoh kocek agak dalam karena anda harus setidaknya membeli sebuah Kaoss Pad, X-Y controller Pad, plus juga sebuah kabel MIDI untuk menghubungkan kontroller dengan Kaoss Pad.
Urutan routing sinyalnya kurang lebih seperti ini.
Output Gitar masuk ke Input Kaoss Pad trus outputnya langsung ke efek yang lain, Ampli ato PA(sound Out). Sedangkan kabel MIDI kita gunakan untuk menghubungkan antara X-Y kontroler pada gitar kita ke colokan external kontroler pada Kaoss Pad. Menurut beberapa orang, pemasangan kontroler ini bisa menambah berat pada gitar kita. Yah, nambah berat beban di pundak lah. begitu kira2..
Pemakaian X-Y kontroler sendiri sebenarnya tidak mutlak. Pemakaiannya lebih didasarkan pada segi kepraktisan saja. Anda bisa saja memakai Kaoss Pad tanpa kontroler, namun anda pasti jadi tidak leluasa bergerak. Dan bisa jadi anda akan sering jongkok untuk mengontrol Kaoss Pad anda.hehehe.
Eit, mungkin ada sebagian dari anda yang belum ngeh tentang apa itu X-Y kontroler. Sori lupa tadi belum dijelasin. Pada dasarnya X-Y kontroler adalah sebuah kontroler yang memungkinkan kita mengontrol dua buah parameter efek secara simultan. Jadi seperti mengontrol 2 knop efek sekaligus. Kalo anda masih penasaran juga.. Coba buka software Fruity Loops 7. disana terdapat contoh X-Y kontroler yang bisa kita utak-utik sesuka hati.

2 komentar:

application4you mengatakan...

mantap sob :)

tiarz muse mengatakan...

yo yoi . . . .
it' s my idol . . .
slah stu orang yg berpengaruh dlam hdupku . . . .
hehehehehe

Posting Komentar

 

Community

Internet Sehat
Music Blogs - Blog Rankings
Watch favourite links
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
blog yang membahas tentang segala aspek di dunia musik !!!
Sonic Run: Internet Search Engine
Submit Free to ExactSeek
Amfibi Web Search & Directory

Dibuang Sayang..

Tips for New bloggers
Powered by Mysiterank
Counter Powered by  Freshcounter.com
powered by Freshcounter.com
Music Blogs
Music Blogs - Blog Rankings
Search Engine Optimization and SEO Tools
Music

wibiya widget


Masukkan Code ini K1-43DA4Y-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Counter

free counters
My Galery :